Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Menjaga Kolesterol Agar Tetap Normal

Menjaga Kolesterol Agar Tetap Normal

Kolesterol lebih dikenal karena dampak buruknya, yakni penyebab stroke, jantung, dan lainnya. Namun, tahukah Anda bahwa ada juga kolesterol yang "baik", atau dikenal sebagai high density lipoprotein (HDL)? HDL berfungsi untuk membuang kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL) dari pembuluh darah.

Sekarang ini, banyak orang yang menderita kolesterol tinggi karena kadar HDL di bawah normal. Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk menaikkan kadar HDL Anda. Pertama, cobalah untuk selalu melakukan olahraga minimal selama setengah jam sehari, lima kali seminggu. Beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan adalah senam aerobik, bersepeda, berenang atau berjalan. Melakukan aktivitas sehari-hari di rumah seperti berkebun juga dapat membantu.

Kedua, sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh karena dapat menaikkan kadar kolesterol jahat dan merusak pembuluh darah. Rutinlah mengonsumsi gandum dan kacang-kacangan, terutama untuk sarapan.

Ketiga, cobalah untuk perbanyak minum jus jeruk setiap hari karena antioksidan di dalam jeruk cukup tinggi sehingga dapat menaikkan kadar HDL. Perbanyak juga buah alpukat karena daging buahnya mengandung kadar kolesterol baik yang cukup tinggi. Lalu, gantilah minyak goreng biasa Anda dengan minyak zaitun.

Keempat, konsumsilah makanan atau suplemen yang memiliki kandungan omega-3 seperti ikan-ikanan dan kacang kedelai yang kaya serat. Hal ini dikarenakan protein yang ada pada kedelai baik untuk menggantikan protein yang berasal dari hewan.

Kelima, berhentilah merokok. Menurut penelitian, dengan berhenti merokok kadar kolesterol baik bisa naik hingga sepuluh persen. Jangan lupa untuk membatasi konsumsi alkohol. Konsumsi yang berlebihan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan serius seperti tekanan darah tinggi dan stroke.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS